Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Solusi Memperbaiki SIM Card Tidak Terbaca di iPhone



Jika iPhone kamu berhenti terhubung ke jaringan telepon seluler, kamu tidak dapat melakukan dan menerima panggilan atau menggunakan data seluler 3G ataupun 4G. Ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi, termasuk ketika iPhone tidak mengenali kartu SIM, atau kartu SIM kamu tidak terbaca oleh iPhone.

Kamu akan tahu ini terjadi jika di home screen iPhone muncul pesan yang mengatakan No SIM Card Installed atau Tidak ada Kartu SIM yang Dipasang. Kamu juga akan melihat di sudut kiri atas layar, nama operator seluler dan tanda sinyal/titik telah diganti dengan No SIM atau Searching.

Biasanya, masalah ini disebabkan oleh SIM card kamu yang sedikit longgar atau dol. Memperbaiki masalah ini membutuhkan tidak lebih dari Ejector (nama alat untuk membuka SIM card yang di sertakan oleh Apple). Bahkan jika hal itu tidak memecahkan masalah, kebanyakan untuk melakukan perbaikan cukup mudah. Inilah yang harus dilakukan jika iPhone kamu mengatakan No SIM.

Menemukan SIM Card

Untuk memperbaiki masalah SIM card, kamu harus tahu di mana lokasi menemukan kartu. Lokasinya tergantung pada model iPhone kamu.

  • IPhone, iPhone 3G, iPhone 3GS: Carilah tombol hold dan jack headphone di bagian atas telepon. Kamu akan menemukan slot dengan lubang kecil di dalamnya. Ini adalah nampan yang menyimpan kartu SIM.
  • IPhone 4 dan yang lebih baru: Pada iPhone 4 dan yang lebih baru, baki SIM ada di sisi kanan ponsel. IPhone 4 dan 4S menggunakan microSIM, sementara model iPhone 5 dan yang lebih baru menggunakan nanoSIM, kartu SIM yang sedikit lebih kecil dan lebih modern.


Memasang Kembali SIM Card

Perbaikan pertama yang harus kamu coba adalah, memastikan kalau sim tidak longgar dengan mencopot dan memasang kembali sim ke tempatnya. Untuk memasang kembali SIM card ke slotnya, gunakan "sim ejector", tekan salah satu ujungnya ke lubang di baki kartu SIM. Ini akan mengeluarkan baki dari slotnya. Dorong kembali dan pastikan sudah terpasang dengan benar.

Setelah beberapa detik (tunggu hingga satu menit), kesalahan No SIM Card Installed akan hilang dan indikator sinyal dan nama operator seluler yang kamu gunakan akan muncul kembali di sudut kiri atas layar iPhone.

Jika tidak, lepaskan kembali SIM sepenuhnya. Lalu periksa SIM dan slotnya untuk memastikan tidak ada kotoran. Kalau kotor, maka SIM card kamu harus dibersihkan, cukup dengan meniup ke lubang slotnya sampai benar-benar bersih.

Kalau lubang sim dan SIM Card tidak kotor, coba bandingkan ketebalan SIM Card lama kamu dengan yang baru. Jika ketebalannya berebeda, kamu bisa mengakalinya dengan modal selotip atau lakban untuk mengganjal bagian belakangnya.

Langkah 1: Update iOS

Jika memasang kembali kartu SIM tidak berfungsi, cek apakah ada update untuk iOS, sistem operasi yang berjalan di iPhone. Kamu harus tersambung ke jaringan WiFi dan memiliki masa pakai baterai yang cukup sebelum kamu melakukan ini. Install update apa pun yang tersedia dan lihat apakah itu memecahkan masalah. Untuk mengupdate iOS:

  1. Ketuk Settings
  2. Ketuk General
  3. Ketuk Software Update
  4. Jika versi baru tersedia, ikuti petunjuk di layar untuk menginstalnya.


Langkah 2: Hidupkan Airplane Mode dan Matikan Lagi

Jika SIM masih error, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Airplane Mode lalu matikan lagi. Melakukan hal ini dapat mengatur ulang koneksi iPhone ke jaringan seluler dan dapat menyelesaikan masalah. Untuk melakukan ini:

  1. Gesek ke atas dari bagian bawah layar (atau kanan atas, di iPhone X) untuk menampilkan Control Center
  2. Ketuk ikon pesawat di ujung paling kiri sehingga disorot
  3. Tunggu satu atau dua detik lalu ketuk lagi, sehingga ikon tidak disorot
  4. Gesek Control Center untuk menyembunyikannya
  5. Tunggu beberapa detik untuk melihat apakah kesalahan sudah diperbaiki.


Langkah 3: Restart iPhone

Jika iPhone kamu masih tidak mengenali SIM, coba perbaiki dengan restart. Untuk merestart iPhone:

  1. Tekan tombol hold (di kanan atas model awal, di sisi kanan model yang lebih baru)
  2. Terus tekan sampai slider muncul di layar yang meminta iPhone dimatikan
  3. Lepaskan tombol penahan dan geser slider ke kiri ke kanan
  4. Tunggu sampai iPhone dimatikan
  5. Tekan lagi tombol hold sampai logo Apple muncul
  6. Lepaskan tombol hold dan tunggu iPhone restart.

Jika kamu menggunakan iPhone 7, 8, atau X, langkah-langkahnya berbeda. Maka dalam hal ini, lihat artikel ini untuk detail lengkap tentang restart model tersebut.

Langkah 4: Periksa Update Pengaturan Carrier

Penyebab lain di balik SIM yang tidak dikenali adalah perusahaan operator seluler yang kamu pakai telah mengubah pengaturan untuk bagaimana ponsel kamu terhubung ke jaringannya dan kamu perlu menginstalnya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengaturan carrier, baca Cara Update Pengaturan Carrier iPhone Kamu. Proses ini juga mudah:

  1. Ketuk Settings
  2. Ketuk General
  3. Ketuk About
  4. Jika update tersedia, jendela akan muncul. Ketuk dan ikuti petunjuk di layar.


Langkah 5: Uji SIM Card yang Tidak Berfungsi

Jika iPhone kamu tetap menampilkan pesan No SIM, mungkin hardware SIM card kamu bisa saja mengalami kerusakan. Salah satu cara untuk mengetesnya adalah dengan menggunakan SIM card dari ponsel lain dan melihat apa yang terjadi. Pastikan menggunakan ukuran - standar, microSIM, atau nanoSIM yang benar - untuk ponsel kamu. Jika peringatan No SIM Card Installed yang tertera tidak hilang juga, maka bisa dipastikan kalau SIM iPhone kamu rusak.

Langkah 6: Pastikan SIM Kamu Sudah Diregistrasi

Pemerintah mewajibkan registrasi kartu SIM prabayar menggunakan Nomor Induk Kependudukan dan Kartu Keluarga. Hal ini dilakukan agar pelanggan seluler tidak menyalahgunakan nomor prabayar dan juga agar ponsel kamu dapat terhubung ke jaringan operator telepon. Jika akun kamu belum diregistrasi, kamu mungkin akan melihat kesalahan SIM. Jika tidak ada solusi lain yang berfungsi sejauh ini, coba tanyakan pada pusat layanan operator seluler yang ada di daerah kamu.

Langkah 7: Jika Tidak Ada Solusi Yang Memecahkan Masalah

Jika semua langkah ini tidak menyelesaikan masalah, kemungkinan besar kamu mengalami masalah yang tidak dapat kami perbaik sendiri. Saatnya untuk melakukan perjalanan ke Apple Store terdekat atau Services Center Apple terdekat, atau ke perusahaan penyedia layanan operator telepon kamu.