5 Cara Mudah Mengatasi iPhone atau iPad Tidak Terdeteksi ke iTunes
iPhone atau iPad perlu terhubung ke iTunes untuk mendapatkan update sistem yang penting dan membuat backup aplikasi dan data kamu. Kalau kamu tiba-tiba mengalami masalah iPhone atau iPad tidak terdeteksi iTunes, jangan buru-buru beli kabel baru deh. Soalnya, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut.
Periksa Bahwa Komputer Mendeteksi iPhone atau iPad
Pertama, pastikan komputer mengenali iPhone atau iPad. Saat kamu menghubungkan iPad kamu ke komputer kamu, tanda kilat petir kecil akan muncul di baterai meter yang terletak di sisi kanan atas layar. Ini memungkinkan kamu mengetahui bahwa iPad sedang mengisi daya. Ini juga memungkinkan kamu mengetahui bahwa PC mengenali iPad. Bahkan jika baterai meter bertuliskan "Not Charging." yang berarti port USB kamu tidak mampu mengisi daya iPad, tapi setidaknya kamu tahu komputer mengenali tablet kamu.
Jika kamu melihat petir atau pesan peringatan "Not Charging", itu tandanya komputer mendeteksi iPhone atau iPad kamu dan kamu dapat melanjutkan ke langkah ketiga.
Periksa kabel iPad
Selanjutnya, pastikan masalahnya bukan pada port USB dengan cara memasukkan iPad ke port yang berbeda dengan yang sebelumnya kamu gunakan. Jika kamu menggunakan hub USB atau memasukkannya ke perangkat eksternal seperti keyboard, pastikan kamu menggunakan port USB yang terpasang di komputer itu sendiri.
Jika menancapkan iPad ke port USB yang berbeda dan masih belum terdeteksi maka masalahnya sudah terlihat, port USB kamu mungkin saja rusak. Kamu dapat memverifikasi ini dengan menghubungkan perangkat lain ke port asli.
Sebagian besar komputer memiliki 3 sampai 4 port USB jika yang satu rusak bukan masalah besar, tapi jika kamu merasa resah, kamu dapat membeli hub USB di toko elektronik terdekat di tempat kamu.
Daya Rendah Bisa Menyebabkan Masalah iPad
Pastikan daya baterai iPhone atau iPad tidak terlalu rendah. Jika baterai hampir habis, biasanya menyebabkan masalah iPad. Jika iPad kamu terhubung ke komputer kamu, lepaskan dan periksa persentase baterai, yang terletak di sisi kanan atas iPad di samping baterai meter. Jika kurang dari 10 persen, usahakan membiarkan iPad benar-benar mengisi.
Jika persentase baterai diganti dengan kata-kata "Not Charging" saat kamu memasukkan iPad ke komputer kamu, kamu perlu memasukkannya ke stopkontak dengan adaptor yang disertakan dengan iPad.
Reboot Komputer dan iPad
Salah satu trik pemecahan masalah adalah melakukan reboot komputer. Sungguh menakjubkan berapa kali ini akan memecahkan masalah. Mari kita memilih mematikan komputer daripada hanya me-restart. Setelah komputer kamu benar-benar dimatikan, biarkan selama beberapa detik sebelum menyalakannya kembali.
Dan saat kamu menunggu komputer kembali, maju dan lakukan hal yang sama dengan iPad.
Kamu dapat me-reboot iPad dengan menahan tombol suspend di sudut kanan atas perangkat. Setelah beberapa detik, tombol merah dengan tanda panah akan muncul, menginstruksikan kamu untuk menggesernya agar mematikan perangkat. Begitu layarnya benar-benar hitam, tunggu beberapa detik dan tahan tombol suspend lagi. Logo Apple akan muncul di tengah layar saat iPad atau iPhone boot kembali.
Begitu komputer dan iPad kamu telah direboot, coba hubungkan iPad ke iTunes lagi. Ini biasanya akan memecahkan masalah.
Cara Reinstall iTunes
Jika iTunes masih belum mengenali iPad, saatnya untuk mencoba menginstal ulang iTunes. Untuk melakukan ini, pertama uninstall iTunes dari komputer kamu. (Jangan khawatir, menguninstall iTunes tidak akan menghapus semua musik dan aplikasi di komputer kamu.)
Kamu dapat mencopot pemasangan iTunes di komputer berbasis Windows dengan membuka menu Start dan memilih Control Panel. Cari ikon berlabel "Programs and Features." Dalam menu ini, cukup gulir ke bawah sampai kamu melihat iTunes, klik kanan padanya dengan mouse kamu dan pilih uninstall.
Setelah kamu menghapus iTunes dari komputer kamu, kamu harus mendownload versi terbaru. Setelah kamu reinstall iTunes, kamu harus bisa menghubungkan iPad kamu dengan baik.
Cara Mengatasi Masalah Langka Dengan iTunes
Masih bermasalah? Sangat jarang langkah di atas tidak mengatasi masalah, tapi terkadang ada masalah dengan driver, file sistem atau konflik software yang pada akhirnya merupakan akar permasalahannya. Sayangnya, masalah ini sedikit lebih rumit untuk diperbaiki.
Jika kamu menjalankan software anti-virus, kamu dapat mencoba mematikannya dan mencoba menghubungkan iPad ke komputer kamu. Software anti-virus diketahui terkadang menimbulkan masalah dengan program lain di komputer kamu, namun sangat penting untuk me-restart software anti-virus begitu kamu selesai dengan iTunes.
Pengguna Windows 7 dapat menggunakan Problem Steps Recorder untuk membantu memecahkan masalah.
Jika kamu menggunakan Windows XP, ada utilitas untuk memeriksa dan memperbaiki file sistem kamu.