Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki WiFi Berwarna Abu-abu (Grayed-out) pada iPhone

Ketika WiFi berwarna abu-abu pada iPhone, kemungkinan besar disebabkan oleh masalah yang terjadi saat mengupgrade iOS, sistem operasi yang berjalan di iPhone. Untungnya, ini bukanlah situasi yang umum: Beberapa pengguna mengalami masalah Wi-Fi setelah update OS sementara sebagian besar lainnya tidak, jadi boleh dibilang situasi tersebut untung-untungan. Namun, jika kamu menalaminya, kamu akan senang mengetahui ada beberapa hal yang dapat kamu coba untuk memperbaiki masalah WiFi.

Pengaturan Wi-Fi yang abu-abu dan tidak dapat disentuh paling sering dilaporkan oleh pengguna iPhone 4S, tetapi juga dapat memengaruhi iPhone yang lebih baru. Bahkan, iPhone atau iPad apa pun yang mengupdate ke versi iOS yang lebih baru dapat mengalami bug apa pun--kebanyakan biasanya hanya keluar sebelum dirilis ke publik.

Penting untuk mengetahui bahwasanya update iOS itu penting karena memberikan pembaruan keamanan dan menambahkan fitur baru ke perangkat kamu. Jadi, jangan khawatir tentang update software yang menyebabkan masalah; mereka bukanlah hal yang umum dan kamu wajib mengupdate ponsel kamu ketika software baru dirilis.

Opsi 1: Pastikan Airplane Mode Mati

Ya, kedengarannya konyol, tetapi sebelum kamu melakukan sesuatu yang lebih drastis, pastikan Airplane Mode tidak dihidupkan. Airplane Mode merupakan fitur yang menonaktifkan Wi-Fi (dan jaringan seluler) karena dirancang untuk memungkinkan kamu menggunakan ponsel kamu di pesawat--di mana, dalam beberapa kasus, komunikasi wireless keluar tidak diizinkan.

Cara termudah untuk melihat apakah Airplane Mode aktif adalah membuka Control Center dengan menggesek ke atas dari bagian bawah layar (atau turun dari kanan atas pada iPhone X). Jika ikon pesawat aktif, ketuk untuk mematikan Airplane Mode dan masalah kamu harusnya bisa dipecahkan. Jika tidak aktif, sesuatu yang lain sedang terjadi dan kamu harus melanjutkan ke langkah berikutnya.

Opsi 2: Update iOS

Masalah Wi-Fi biasanya disebabkan karena adanya sebuah bug, dan Apple biasanya tidak membiarkan bug yang mempengaruhi banyak pengguna bertahan terlalu lama. Karena itu, ada kemungkinan bahwa versi iOS yang lebih baru telah memperbaiki masalah dan dengan mengupgradenya akan mengembalikan Wi-Fi kamu.

Kamu dapat mengupgrade iPhone kamu langsung di ponsel itu sendiri atau menggunakan iTunes untuk mengunduh dan menginstal versi terbaru iOS. Ketika update selesai dan iPhone kamu telah dimulai ulang, periksa untuk melihat apakah Wi-Fi berfungsi. Jika masih berwarna abu-abu, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Opsi 3: Reset Network Settings

Jika mengupgrade sistem operasi tidak membantu, masalahnya mungkin tidak ada pada OS kamu--mungkin ada dalam pengaturan kamu. Setiap iPhone menyimpan serangkaian pengaturan yang terkait dengan mengakses Wi-Fi dan jaringan seluler yang membantunya menjadi online. Pengaturan ini terkadang dapat menyebabkan masalah yang mengganggu konektivitas.

Sangat penting untuk mengetahui bahwa mereset network settings kamu berarti kamu akan kehilangan apa pun yang disimpan dalam pengaturan kamu saat ini. Ini dapat termasuk kata sandi Wi-Fi, koneksi Bluetooth, pengaturan VPN, dan banyak lagi. Meski hal tersebut tidak ideal, tetapi jika itu yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan Wi-Fi berfungsi lagi, biarlah. Begini caranya:

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Ketuk General.
  3. Pergi ke bagian bawah layar dan pilih Reset.
  4. Pilih Reset Network Settings. Jika kamu memiliki passcode di ponsel kamu, kamu harus memasukkannya sebelum kamu bisa mereset.
  5. Jika ada sebuah peringatan muncul yang meminta kamu untuk mengkonfirmasi tindakan ini, ketuk saja opsi "Reset Network Setting" untuk melanjutkan.


Ketika ini selesai, ponsel kamu akan otomatis direstart. Jadi, kamu tidak perlu restart ponsel kamu secara manual.

Opsi 4: Atur Ulang Semua Pengaturan

Jika reset network settings tidak membantu, saatnya untuk mengambil langkah yang lebih drastis: mengatur ulang semua pengaturan ponsel kamu. Kamu mungkin tidak ingin mengambil langkah ini karena akan menghapus setiap pengaturan, preferensi, kata sandi, dan koneksi yang kamu tambahkan ke ponsel kamu sejak kamu mulai menggunakannya.

Mengatur ulang pengaturan iPhone kamu tidak akan menghapus aplikasi, musik, foto, dll. Namun, selalu disarankan untuk membackup ponsel kamu untuk berjaga-jaga jika ada yang salah.

Tentu tidak menyenangkan harus membuat ulang semua pengaturan itu, tetapi mungkin diperlukan. Begini caranya:

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Ketuk General.
  3. Ketuk Reset di bagian paling bawah layar.
  4. Pilih Reset All Settings. Jika iPhone kamu dilindungi dengan passcode, kamu akan diminta untuk memasukkannya sekarang.
  5. Dalam peringatan yang muncul, konfirmasi bahwa kamu ingin melanjutkan.


Opsi 5: Restore ke Pengaturan Pabrik

Jika mengatur ulang semua pengaturan tidak berfungsi untuk memperbaiki masalah Wi-Fi iPhone kamu, inilah waktunya untuk opsi yang sangat drastis: merestore ke pengaturan pabrik. Tidak seperti restart sederhana, reset ke pengaturan default pabrik adalah proses dimana kamu akan menghapus semua konten atau informasi lainnya yang ada di iPhone kamu dan mengembalikannya persis seperti baru lagi.

Ini jelas merupakan pilihan terakhir, tetapi terkadang memulai dari nol adalah hal yang perlu kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah serius. Ikuti langkah ini:

  1. Sebelum mulai, sinkronkan ponsel kamu ke iTunes atau iCloud untuk memastikan kamu memiliki backup semua konten ponsel kamu.
  2. Buka aplikasi Settings.
  3. Ketuk General.
  4. Geser ke bawah dan ketuk Reset.
  5. Ketuk Erase All Content and Settings.
  6. Jika kamu membackup iPhone kamu ke iCloud, kamu akan mendapatkan pesan untuk Backup, lalu Erase, atau Erase Now. Pilih yang kamu sukai, tapi ingat Backup sangat penting.
  7. Dalam pesan peringatan yang muncul, ketuk Erase Now atau Erase Phone (tombol berubah tergantung pada versi iOS iphone kamu). Ponsel kamu akan memerlukan satu atau dua menit untuk menghapus semua datanya.


Setelah itu selesai, kamu harus mengaktivasi ponsel kamu lagi dan kemudian memeriksa untuk melihat apakah Wi-Fi berfungsi. Jika ya, masalah kamu terpecahkan dan kamu dapat menyinkronkan semua konten ke ponsel kamu sekali lagi. Jika masih tidak berfungsi, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Opsi 6: Bawa ke Services Center Resmi

Unsplash

Jika semua upaya ini belum menyelesaikan masalah Wi-Fi di iPhone kamu, mungkin ini bukan disebabkan oleh software. Sebaliknya, mungkin ada yang salah dengan hardware Wi-Fi di ponsel kamu.

Cara terbaik untuk mengetahui apa masalah yang terjadi sebenarnya, dan untuk memperbaikinya, adalah dengan membawa ponsel kamu ke Apple Store atau services center resmi dan minta mereka memeriksa ponsel kamu.

Opsi 7: Melakukan Sesuatu yang Gila (Tidak Direkomendasikan)

Kamu mungkin pernah membaca beberapa artikel lain tentang memecahkan masalah Wi-Fi ini, salah satu rekomendasi perbaikannya: meletakkan iPhone kamu di lemari pendingin. Meskipun beberapa orang melaporkan bahwa ini memecahkan masalah mereka tetapi kami tidak merekomendasikannya.

Suhu yang sangat dingin dapat merusak iPhone kamu dan memasukkannya ke dalam lemari pendingin dapat membatalkan garansi. Coba opsi ini jika kamu adalah seseorang yang selalu mengambil risiko, tetapi kami sangat menyarankan untuk tidak melakukannya kecuali kamu bersedia merusak iPhone kamu dalam proses mencoba memperbaikinya.