Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah iPhone Kamu Dinonaktifkan? Begini Cara Memperbaikinya

Pernahkah iPhone kamu menampilkan pesan dilayarnya yang mengatakan bahwasanya perangkat dinonaktifkan atau kamu tidak dapat menggunakan perangkat selama 23 juta menit? Kalau mengalaminya, jangan buru-buru ganti iPhone baru. Soalnya, dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa yang menyebabkan si iPhone, iPad, atau iPod dinonaktifkan dan cara memperbaikinya.

Kenapa iPhone dan iPod Dinonaktifkan

Apple Inc.

Setiap perangkat iOS —iPhone, iPad, iPod touch—dapat dinonaktifkan, namun pesan yang kamu lihat datang dalam beberapa bentuk yang berbeda. Terkadang kamu hanya akan mendapatkan pesan polos "This iPhone is Disabled" atau pesan yang mengatakan itu dan menambahkan kalau kamu harus mencoba lagi dalam 1 menit atau 5 menit. Terkadang, ini memberi tahu kamu kalau ponsel dinonaktifkan dan sambungkan ke iTunes. Terkadang, kamu bahkan akan mendapatkan pesan yang mengatakan iPhone atau iPod dinonaktifkan selama 23 juta menit dan coba lagi nanti. Tentunya, kamu tidak dapat benar-benar menunggu selama itu - 23 juta menit hampir 44 tahun. Kamu mungkin akan membutuhkan iPhone kamu sebelum itu.

Terlepas dari pesan mana yang kamu lihat, penyebabnya sama. IPod atau iPhone akan dinonaktifkan ketika seseorang terlalu sering memasukkan passcode yang salah.

Passcode alias kode sandi merupakan fitur keamanan yang dapat kamu aktifkan di iOS untuk meminta orang memasukkan kata sandi agar dapat menggunakan perangkat. Kalau passcode yang salah dimasukkan 6 kali berturut-turut, perangkat akan mengunci dirinya sendiri dan mencegah kamu memasukkan upaya passcode baru apa pun. Kalau kamu memasukkan pascode yang salah lebih dari 6 kali, kamu mungkin akan mendapatkan pesan 23 juta menit (tergantung pada pengaturan kamu, 10 upaya passcode yang salah dapat menyebabkan iPhone kamu terhapus). Pesan ini sebenarnya hanya mewakili waktu yang sangat, sangat lama dan dirancang untuk membuat kamu berhenti sejenak memasukkan passcode.

Cara Memperbaiki iPhone atau iPod Dinonaktifkan

Memperbaiki iPhone yang dinonaktifkan, iPod, atau iPad relatif mudah. sebenarnya ini adalah serangkaian langkah yang sama dengan apa yang harus dilakukan ketika kamu lupa passcode. Inilah yang harus dilakukan:

  1. Langkah pertama yang harus kamu coba adalah restore perangkat dari backup. Untuk melakukannya, hubungkan perangkat iOS kamu ke komputer yang biasa kamu gunakan untuk sinkronisasi. Di iTunes, klik tombol Restore. Ikuti petunjuk pada layar dan dalam beberapa menit, perangkat kamu harus dapat digunakan lagi. Sadarilah: restore berarti kamu akan mengganti data kamu saat ini dengan backup data yang lebih tua dan akan kehilangan data yang ditambahkan sejak backup terakhir dibuat. Sayangnya, tidak ada cara yang bagus untuk hal ini (tetapi ini merupakan pengingat yang baik mengapa kamu harus membackup secara rutin).

  2. Kalau itu tidak berhasil, atau kalau kamu tidak pernah menyinkronkan perangkat dengan iTunes, kamu perlu mencoba Recovery Mode. Sekali lagi saya ingatkan, kamu mungkin kehilangan data yang ditambahkan sejak kamu membuat backup yang terakhir.
  3. Salah satu dari dua langkah tersebut biasanya akan berfungsi, kalau tidak, coba DFU Mode, yang merupakan versi yang lebih luas dari Recovery Mode.
  4. Opsi bagus lainnya adalah menggunakan iCloud dan Find My iPhone untuk menghapus semua data dan pengaturan dari ponsel kamu. Masuk ke iCloud atau download aplikasi Find My iPhone (Membuka App Store) di perangkat iOS kedua. Kemudian masuk dengan nama pengguna dan sandi iCloud kamu (bukan akun milik orang yang perangkatnya kamu gunakan). Gunakan Find My iPhone untuk mencari perangkat kamu dan kemudian lakukan Penghapusan Jarak Jauh. Ini akan menghapus semua data pada perangkat kamu, sehingga kamu bisa mengaksesnya lagi. Kalau kamu telah membackup data kamu ke iCloud atau iTunes, kamu bisa merestornyanya dari itu.

  5. Tugas kamu selesai!


Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Memperbaiki iPhone yang Dinonaktifkan

Setelah iPod, iPhone, atau iPad kamu kembali berfungsi, kamu mungkin ingin mempertimbangkan dua hal: mengatur passcode baru yang lebih mudah diingat sehingga kamu tidak masuk ke dalam situasi ini lagi (atau menggunakan Touch ID atau Face ID, kalau perangkat kamu menawarkan salah satunya) dan/atau selalu mengawasi perangkat kamu ketika orang lain meminjam ponsel kamu agar tidak mencoba untuk mendapatkan informasi pribadi kamu.